Tips

6 Tips dan Cara Menggaet Inspirasi Menulis ala Widya Herma

Adakah yang merasa galau risau dan kacau karena kesulitan mencari inspirasi? Bila benar adanya, berarti anda mampir pada situs web yang tepat. kesulitan mencari inspirasi merupakan hambatan terberat bagi seorang penulis.
Penulis yang kesulitan menemukan inspirasi akan mengalami yang namanya Writerblock. tulisannya mandeg ga kemana-mana dan ga menemukan titik penyelesaian. saya selaku pribadi, hanya manusia biasa yang suka corat coret amatir aja bisa kehilangan inspirasi dalam meracik kata. apalagi yang sudah benar-benar mahir di bidangnya yang sehari-sehari sibuk dikejar deadline penulisan.
Bagi saya, menulis adalah sesuatu yang bernilai. bernilai karena saya yakin dengan menulis saya akan dipertemukan dengan jati diri saya yang sebenarnya. hal ini jelas dibuktikan dengan melirik tulisan-tulisan saya dari peradaban sebelumnya. Gimana cara menyikapi hal ini? Maka dari itu, berikut tips yang diramu oleh jari-jari lentik widya herma yang akan berbicara.

1. Mandi

Kenapa harus mandi? Yap! saya sendiri tidak tahu kenapa harus mandi yang jelas saya merasa bahwa inspirasi saya terkadang tertinggal di langit-langit kamar mandi setiap harinya maka dari itu saya berencana mengambilnya kembali dengan melakukan ritual mandi. Pokoknya habis dari kamar mandi tiba-tiba saja diri ini mendapatkan beragam inspirasi. coba aja kalo ga percaya!

2. Menulis Artikel “Tips dan Cara Menggaet Inspirasi”

Dalam suasana hati yang tak menentu. saya menjadi sangat galau karena tidak menemukan stock inspirasi yang tersedia di otak saya. makanya saya coba menulis tips cara menggaet inspirasi agar otak saya mau membuka kembali gembok kreatifitas yang sempat terkunci. saya ingin membuat otak saya berfikir dalam cara menggaet inspirasi agar saya bisa kembali terbebas dari wabah writerblock.

3. Tidur

Ketika otak tak bisa lagi diajak kompromi, jawaban yang paling tepat adalah berlayar ke dunia mimpi. di dunia mimpi kita bisa menjadi sosok yang paling mustahil terjadi di dunia nyata. makanya berkunjung ke alam mimpi bisa membuka wawasan kita akan sesuatu yang fiktif yang nantinya bisa ditambahkan ke dalam tulisan kita.

Apalagi buat yang lagi nulis tentang tulisan fiksi. pasti inspirasi yang datangnya dari mimpi bisa sangat berguna untuk ditambahkan ke dalam tulisan. saya juga termasuk orang yang langganan kedapetan mimpi. ajaibnya, lebih dari 50% mimpi yang saya alami bisa saya ingat dengan mudah. Hal penting selain soal mimpi, Tidur juga dalam rangka untuk mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh kita yang berhak mendapatkan hak nya setelah menunaikan kewajiban fungsinya.

4. Berilah Penghargaan atas Dirimu

Penghargaan tidak selalu berbicara tentang seorang murid yang mendapatkan rangking pertama di kelas. penghargaan lebih berbicara atas apa yang telah kamu capai dalam dirimu. jangan lupa berilah penghargaan atas dirimu. setidaknya luangkan waktu untuk bersenang-bersenang seperti makan makanan kesukaan atau jalan-jalan santai ke suatu tempat yang mengasyikkan.

5. Temukan Tempat yang Relevan untuk Aktivitasmu

Untuk berkarya, selain sarana dan prasarana. ada hal penting yang ga kalah penting. yang juga harus dioptimalkan. yaitu lingkungan. jangan lupa untuk mencari lingkungan atau tempat yang bisa mendukungmu dalam berkarya. kalo tidak bisa tahan dengan suasana yang berisik, segera tinggalkan tempat tersebut. setiap diri anda berhak atas lingkungan yang baik untuk hasil yang baik.

6. Cobalah Berfantasi Sesuka Hati

Coba lakukan aktivitas melamun yang terstruktur. melamun yang aktivitasnya itu ga sekedar melamun. lamunkanlah tujuan dari karyamu yang akan dibawa kemana. Lamunkan juga alur-alur yang hendak kamu tulis dalam karyamu. karena dari sanalah kita bisa mendapatkan pundi-pundi ide yang tersangkut dibalik kejenuhan. cobalah berfantasi sesuka hatimu. karena kreatifitas sesungguhnya tidak pernah memiliki batas.

Baca : Nostalgia 10 Tahun Terakhir Bersama Perkembangan Teknologi

Selamat Mencoba! Setelah 6 Tips dan Cara Menggaet Inspirasi Menulis ala Widya Herma ini terkuak begitu saja. Widya do’akan semoga lekas ‘jadian’ ya sama karya terbarunya. Ayo selesaikan apa yang sudah kamu mulai! Semangat ๐Ÿ™‚

Tips dan Cara Mencari Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.