Story, Tips

Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Hati Agar Tidak Mudah Patah

Hidup bahagia adalah sebuah pilihan namun lain halnya dengan menjaga kesehatan hati. Hal itu termasuk ke dalam suatu bentuk upaya. Menjaga kesehatan hati secara fisik tentu dilakukan dengan menghindari konsumsi zat – zat yang membahayakan. Namun, bagaimana ceritanya dengan hati yang terletak di ruang batin?
Nah, sangat penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan hati agar tidak mudah patah dan terbebas dari luka serta kecewa. Manusia kan memang selalu sepaket dengan ketidaksempurnaannya, lantas mengapa kita selalu memelihara luka?
Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Hati Agar Tidak Mudah Patah
Source : Google
Berikut ini Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Hati Agar Tidak Mudah Patah yang perlu dilakukan agar selalu bahagia.
1. Bersyukur
Setiap hal di dalam hidup ini memang perlu untuk disyukuri. Karena apa yang Tuhan beri tentu selalu tepat pada porsinya. Dan dengan rasa bersyukur yang tinggi. Tentu kita dapat mengendalikan hati agar terbebas dari iri dengki. Aku sendiri menyadari bahwa bersyukur juga dapat menjadi salah satu cara untuk berhenti mengeluh. Masih banyak hal di dunia ini yang perlu disyukuri daripada sekedar mengeluhkan sesuatu yang tidak kamu miliki.
2. Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik
Selalu percaya bahwa ketentuan yang maha kuasa itu selalu nyata. Ia bahkan tidak pernah melempar dadu hanya untuk menentukan sebuah keputusan. Dan dengan mempercayakan segala ketentuan pada maha yang kuasa. Kita jadi semakin yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi, tidak akan terjadi tanpa sebuah alasan yang pasti. Mungkin banyak diantara kita yang masih bertanya-tanya akan letak karunia tuhan yang sebenarnya. Namun sebenarnya karunia tuhan selalu disini *tunjuk hati* ia tak pernah pergi barang sedetikpun hanya untuk menepi.

3. Hiduplah Di Masa Kini
Banyak sekali orang yang tidak pernah beranjak dari masa lalunya. Hingga kerap kali ia menjadikannya sebagai bayang – bayang yang senantiasa tak pernah pergi dari hidupnya. Padahal dengan berani melepas kepergian masa lalu, kita akan serta merta semakin menikmati kehidupan di masa kini. Mulailah dengan memaafkan masa lalu maka dengan begitu kamu akan ikhlas. Biarlah yang pernah tergaris di masa lampau menjadi sebuah pelajaran untuk hidup yang lebih baik.
4. Percayalah Bahwa Hikmah itu Pasti Ada
Serangkaian peristiwa hidup yang berbeda – beda tentu akan membentuk kepribadian yang berbeda – beda pada setiap orang. Dan segala hal yang pernah terjadi tentu terjadi karena memang Tuhan telah menggariskannya untuk kita. Murni dan pasti memberikan untaian hikmah pada kita. Selalu percaya bahwa hikmah itu pasti ada. Mungkin hari ini kamu terluka, esok bukanlah hal yang mustahil bila kamu akan mensyukuri luka yang terjadi di hari kemarin
Demikianlah Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Hati Agar Tidak Mudah Patah. Semoga artikel ini dapat menginspirasi untuk siapapun yang membacanya. Sebenarnya artikel ini juga ditulis dalam rangka refleksi diri. Semoga dapat menjadi self reminder terbaik untuk diri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.