Siapa yang dulunya sebelum berkeluarga bisa sat-set kalau mau otw ke tempat liburan bareng temen, tapi setelah berkeluarga jadi penuh pertimbangan? tenang kamu ga sendirian karena saya pun begitu hehe faktanya di masa lalu sebelum berkeluarga, siapapun bisa semudah itu merencanakan untuk liburan.

Menariknya, setelah berkeluarga, dibutuhkan lebih banyak persiapan yang matang sebelum liburan. Yang mana persiapan tersebut mulai dari persiapan untuk diri sendiri, pasangan hingga anak. Ironinya, karena terlalu fokus mengurus persiapan logistik untuk liburan, seringkali melupakan persiapan matang dari segi materil, yakni budgeting keuangan saat liburan. Padahal hal ini sangat krusial, mengingat faktanya, tidak sedikit orang-orang diluar sana, yang akhirnya berakhir dengan masalah keuangan baru pasca liburan keluarga. Agar tidak berakhir dengan kondisi yang sama, berikut tips cara merencanakan keuangan untuk liburan, yang bisa dilakukan.

Tips Cara Merencanakan Keuangan untuk Liburan Keluarga

  • Riset dan Tentukan destinasi tujuan liburan

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan destinasi tujuan liburan. Karena dengan menentukan destinasi liburan yang ingin dituju bersama keluarga, kita akan mendapatkan kisaran budget yang perlu dialokasikan. Selanjutnya adalah melakukan riset terkait detail biaya apa saja yang perlu dikeluarkan, mulai dari biaya perjalanan menuju kesana, saat berada disana, hingga biaya perjalanan pulang dari destinasi wisata tersebut.

  • Membuat target menabung

Setelah mendapatkan gambaran biaya yang diperlukan, kamu bisa mulai untuk membuat target menabung dengan bantuan kalkulator keuangan gratis dari Calculator.me. Yap, jadi Calculator.me menyediakan fitur bernama savings calculator yang memudahkanmu untuk membuat strategi dalam menabung. Alhasil, kamu bisa membuat perhitungan keuangan yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

kalkulator keuangan gratis
Sumber: Calculator.me

Tak kalah menarik, di Calculator.me juga kamu tidak hanya mendapatkan kemudahan dalam memperhitungkan tabungan yang dibutuhkan. Tapi juga, mendapatkan kemudahan untuk membuat keputusan finansial yang tepat dengan beragam fitur-fitur tools keuangan yang disediakan Calculator.me seperti:

  • Loan Amortization (Amortisasi Pinjaman) yaitu fitur untuk mengkalkulasikan amortisasi pinjaman umum.
  • Mortgage Calculator (Kalkulator Hipotek) yaitu kalkulator untuk perhitungan yang berhubungan dengan real estat.
  • Auto Calculators (Kalkulator Otomatis)kalkulator untuk kalkulasi pinjaman mobil.
  • Credit Cards (Kartu kredit) yaitu kalkulator untuk perhitungan kartu kredit.
  • Savings Calculators (Kalkulator Tabungan) yaitu kalkulator untuk tabungan, investasi & perencanaan keuangan.
  • Financial Planning (Perencanaan keuangan) yaitu kalkulator pensiun & perencanaan keuangan.
  • Hindari menggunakan credit card untuk liburan

Akan lebih baik jika menghindari penggunaan credit card untuk liburan, karena credit card bisa saja membuat kita menjadi impulsive saat liburan. Terlebih penggunaan credit card juga seringkali membuat kita lupa dengan berapa nominal yang telah dikeluarkan, alhasil bukannya refresh, setelah liburan justru kita malah jadi stress karena harus membayar tagihan.

  • Buat anggaran terpisah untuk hal tak terduga

Selalu buat budgeting khusus untuk sesuatu hal tak terduga, karena saat liburan bisa saja hal tak terduga terjadi. Misalnya saja ketika kendaraan ngadat di tengah-tengah moment liburan, tiba-tiba ada sanak keluarga yang sakit, atau tiket yang hangus karena terlambat check in ke bandara dsb. Dan untuk anggaran terpisah ini akan lebih baik jika disimpan di rekening terpisah dengan rekening yang biasa digunakan transaksi saat liburan.

Baca: 4 Pertimbangan Penting dalam Memilih Paket Liburan ke Bali Terbaik

  • Pastikan memiliki sisa uang pasca liburan

Selepas liburan, pastikan kamu dan keluarga tetap bahagia menjalani rutinitas selanjutnya. Maka dari itu, pastikan untuk tidak menggunakan uang keseluruhan untuk liburan. Harus ada sisa uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasca liburan. Kamu juga bisa menerapkan prinsip menyimpan 40% dana cadangan, dimana kamu dan keluarga baru bisa merencanakan liburan jika dana cadangan sudah menyentuh angka 40% dari total uang yang kamu miliki.

Nah, itu dia Tips Cara Merencanakan Keuangan untuk Liburan, bagi kamu yang hendak berlibur bersama keluarga. Semoga dengan beberapa tips diatas, bisa membantu kamu untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih matang, sehingga tak ada istilah niat healing berujung pailit.