Review

Google Classroom, Ruang Kelas di Dunia Maya

Setelah mencoba menguasai pasar pendidikan dengan menghadirkan Chromebook. kini, Google kembali hadir dengan inovasi terbarunya yaitu Google Classroom. 
Apa itu Google Classroom? Google Classroom adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. lebih detailnya, Google Classroom bisa menjadi sarana distribusi tugas, submit tugas bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan. 
Untuk distribusi tugas, tidak perlu khawatir akan adanya penyalahgunaan yang dilakukan murid. karena Google Classroom memberikan hak akses bagi para guru untuk mengatur tugas yang dipublish. sehingga murid bisa sekedar untuk melihat, mengedit bahkan berkolaborasi. melalu Google Classroom juga, para guru bisa memantau perkembangan belajar murid-muridnya.
Selain itu, Google Classroom menyediakan fitur forum diskusi. sehingga para guru bisa membuka sebuah diskusi kelas yang asyik untuk ditanggapi dan dikomentari. seperti layaknya aktivitas berkomentar di facebook. hehehe
Kehadiran Google Classroom bukan tidak mungkin dapat menggantikan peran kertas dan papan tulis. sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi murah dan cepat. bahkan bisa jadi, tidak mustahil bila Google Classroom menggantikan kelas formal di ruangan kelas yang sebenarnya di masa depan. 
Dalam penggunaannya Para Guru menilai Google Classroom tidak memiliki kendala apapun, terlebih lagi Google Classroom telah didukung 42 bahasa.
Untuk mencoba Google Classroom bisa kunjungi situsnya di :
https://www.google.com/intl/en-US/edu/classroom/
Tampilan Awal Google Classroom
tampilan awal Google Classroom

Kita patut mengapresiasi kepedulian Google pada dunia pendidikan. semoga saja platform edukasi yang satu ini bisa segera dimanfaatkan kegunaannya secara merata di dunia pendidikan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.