Loading...

Google Classroom, Ruang Kelas di Dunia Maya

Setelah mencoba menguasai pasar pendidikan dengan menghadirkan Chromebook. kini, Google kembali hadir dengan inovasi terbarunya yaitu Google Classroom. 
Apa itu Google Classroom? Google Classroom adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. lebih detailnya, Google Classroom bisa menjadi sarana distribusi tugas, submit tugas bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan. 
Untuk distribusi tugas, tidak perlu khawatir akan adanya penyalahgunaan yang dilakukan murid. karena Google Classroom memberikan hak akses bagi para guru untuk mengatur tugas yang dipublish. sehingga murid bisa sekedar untuk melihat, mengedit bahkan berkolaborasi. melalu Google Classroom juga, para guru bisa memantau perkembangan belajar murid-muridnya.
Selain itu, Google Classroom menyediakan fitur forum diskusi. sehingga para guru bisa membuka sebuah diskusi kelas yang asyik untuk ditanggapi dan dikomentari. seperti layaknya aktivitas berkomentar di facebook. hehehe
Kehadiran Google Classroom bukan tidak mungkin dapat menggantikan peran kertas dan papan tulis. sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi murah dan cepat. bahkan bisa jadi, tidak mustahil bila Google Classroom menggantikan kelas formal di ruangan kelas yang sebenarnya di masa depan. 
Dalam penggunaannya Para Guru menilai Google Classroom tidak memiliki kendala apapun, terlebih lagi Google Classroom telah didukung 42 bahasa.
Untuk mencoba Google Classroom bisa kunjungi situsnya di :
https://www.google.com/intl/en-US/edu/classroom/
Tampilan Awal Google Classroom
tampilan awal Google Classroom

Kita patut mengapresiasi kepedulian Google pada dunia pendidikan. semoga saja platform edukasi yang satu ini bisa segera dimanfaatkan kegunaannya secara merata di dunia pendidikan Indonesia.

You might also like

Comments (8)

  • capebanget.com 3 years ago Reply

    ada aja yah inovasi google,, keren euy
    btw neng geulis ikut classroom google jg? nebeng donk ;-D

  • astri damayanti 3 years ago Reply

    Keren banget … jadi pengen nyoba buat kelas Online … kira-kira bisa gak ya … perlu mempelajari lebih banyak nih tentang Google classroom

    Thanks sharingnya ya 🙂

  • Widya Herma 3 years ago Reply

    Hehehe iya kak emang keren 😀 blm ikutan kak, nanti juga pengen ikutan pake google classroom 😀

  • Widya Herma 3 years ago Reply

    Hehehe iya mba. dicoba aja 🙂

    iya sama2 mbak 🙂

  • Chaidir 3 years ago Reply

    Keren ini terobosan baru Google.. ^_^
    Ada aja ide-idenya yang bermanfaat.
    Jadi kepikiran pengen niru prinsip Google ini untuk bangun blog dengan beberapa subdomain.

  • Summon Agus 3 years ago Reply

    mantab sekali ini…
    cuman versi apps. 🙁
    g ada versi dekstop y mbk..

  • Widya Herma 3 years ago Reply

    Siip mas, ide nya bagus. (y) ^_^ kalo gini caranya, bakalan makin banyak kelas online hehehe

  • anotherorion 3 years ago Reply

    ada syarat dan ketentuan berlaku enggak tuh mbak widy? penasaran pengen tahu bedanya sama e-learning online macem edmodo

Leave a Reply