Loading...

Apa Itu Program “Nulis 3 Jam” Dari Kampus Fiksi?

Jujur, tulisan kali ini murni curahan hati. seringkali bertanya pada diri sendiri. “Kok nulis buat postingan blog selalu nyediain waktu tapi buat nulis naskah, pelit dan susah banget?” pertanyaan ini akhir – akhir ini selalu menggelayut dalam benak dan sanubari.
Kalo ditanya kenapa? Ya Gak Tau! sekarang ini lagi giat – giatnya menggalakkan solusi buat pemecahan masalah yang satu ini. kalo ditanya ini berkaitan soal inspirasi? gak juga sih.. soalnya, nulis di blog juga ga ngandelin inspirasi kok. cuma ngandelin apa yang terlintas di benak aja *eh
Lagian juga, nulis blog aja ga ada inspirasi tiba – tiba bisa dapet gitu aja. Yaudahlah intinya cuma satu, ini mah prahara belum membulatkan tekad. jadi aja tekadnya masih abstrak. Naaah, untuk mensiasati ini semua.

Akhirnya rencananya minggu ini tepatnya di hari Jum’at malam tanggal 3 April 2015. berencana mau ikutan program dari @KampusFiksi yaitu #Nulis3Jam. Apa itu #Nulis3Jam? Nulis 3 jam adalah bentuk komitmen dimana kita atau anda sekalian fokus menulis selama 3 jam.


Ada yang mau ikutan juga? Jangan lupa merapat di Timeline twitter @KampusFiksi ya! Setiap Jum’at Malam Mulai dari Pkl. 18.00 WIB. karena jam – jam segitu udah mulai hingar bingar hashtag #Nulis3Jam berseliweran di Timeline. Acaranya dimulai jam 19.00 WIB – 22.00 WIB.
Oh iya, Pas udah nulis 3 jam, nanti kita laporan mengenai tumbuh kembang optimal tulisan kita sama mimin @KampusFiksi. Soal tekad dan seberapa banyak tulisan yang sanggup kita garap itu disesuaikan dengan kemampuan dan tekad masing – masing. daripada stalking socmed mantan. mendingan kita berkarya aja yuk!

Pas nulis, usahakan fokus dan gausah scroll linimasa sosial media ya! Kalo gini caranya… gue mau koleksi kerupuk yang banyaaaak buat dijadiin cemilan pas lagi nulis. wkwkwkk No Socmed Anymore! Please Try Again Later. *eaaaa

Oke. Selamat Menulis. Program #Nulis3Jam ini merupakan bagian dari solusiku untuk melatih diri dalam konsistensi. Semoga bisa jadi solusi yang bermanfaat buat kalian semua yang hendak membuat karya di bidang kepenulisan. Ingat, “Tanpa menulis tidak akan bisa jadi Penulis”. Semangat!

You might also like

Comments (41)

  • Heru Arya 2 years ago Reply

    Tanpa menulis, tidak bisa jadi penulis. Yoi, gue setuju banget, wid.

    Acara kampusfiksi ini, emang lagi ngetren dikalangan blogger. Udah banyak yang ikutan dan mereka keren-keren.

    Ngomongin soal konsisten, ini bisa jadi salah satu cara buat ngatasin rasa malas. Ada kata 3 jam yang membuat kita tertantang untuk nulis dan berkarya.

    Ditunggu karyanya, ya wid. 🙂

  • Wahab Saputra 2 years ago Reply

    Mbah templatenya biar rapih headernya….cari kode kayak di bawah…

    #slider-recentpost {
    position: relative;
    }

    Trus tambain kode ini float: left; jd klo di gabung jadi begini
    #slider-recentpost {
    position: relative;
    float: left;
    }

    Trus cari ini kode di bawah ini
    #header img {
    margin-left: auto;
    margin-right: auto;
    }

    tambain ini float: left; jadi di gabung…
    #header img {
    margin-left: auto;
    margin-right: auto;
    float: left;
    }

  • Rizki Ramdhani 2 years ago Reply

    Wew lagi ngeteren banget ya.. itu selama 3 jam kita nulis apa aja, pengalaman pribadi kah, bikin cerpen kah. Jujur sih kalo aku 3 jam dibuat nulis otak rasanya panas. Bisa2 nggak jadi tulisan.

    Tapi ini ide yangbagus kok, bisa dicoba

  • iilajah doank 2 years ago Reply

    "tanpa menulis, tidak akan bisa jadi penulis" bisa ko dengan ngetik di laptop, ekekek =))

    aku baru tau ada yang namanya kampus fiksi, selama ini buka twitter paling share tulisan, buka beranda, gak liat yang lainnya [-(

    kalau di paksain fokus nulis selama 3 jam, buat aku sendiri itu beraat. bisa-bisa ngebul, soalnya kadang dapet ide tapi pas merangkai kata-katanya mentok gak bisa mikir lagi, apalagi fiksi, suka lama buatnya #aku lemah 🙁

  • Gusti Muhammad 2 years ago Reply

    Wah bener nih mending ikutan ini daripada nge galauin masa lalu bareng mantan (eh)
    Tapi gue baru denger nih ada kampusfiksi di twitter haha kudet

    3 jam buat nulis? Hmm kayaknya gue perlu kerja ekstra tenaga dan pikiran karena biasanya satu jam aja kepala udah panas rasanya

  • A Mahfuda 2 years ago Reply

    Bisa jadi solusi nih…
    Gue kira 3 jam buat nulis sih nggak masalah.
    tapi kalo gue mah tergantung apa yang mau ditulis. kalo itu sepaham dengan pikiran gue, mungkin bisa dicoba.

    @kampusfiksi kan ya? berarti nulisnya fiksi dong? kalo gue nulis fiksi mah nyantelnya lama…

  • Aduh, kasus ini mirip denganku. Entah apa yang membuatku jadi jarang menulis, alasan yang sering kulontarkan yaitu masalah waktu. Maklum sekarang sudah jadi mahasiswa tingkat akhir -_-

    Konsistesi ku sekarang tu menerbitkan post di blog sebanyak 3 post selama sebulan. Tapi setelah membaca post mu ini, dengan cara fokus menulis selama 3 jam sepertinya boleh juga dicoba. Sebab, mau tidak mau dalam 3 jam itu kita akan menulis 😀

    Oke semangat menulis untuk kita 🙂

  • Robby Haryanto 2 years ago Reply

    Kayaknya susah deh buat fokus 3 Jam menulis. Menurut sumber yang gue denger, fokus dalam menulis itu cuma bisa didapat dalam waktu 45 menit, kalo lebih bisa ngaco ceritanya. Itu sih yang pernah gue denger dari seseorang. Tapi menulis 3 jam wajib dicoba tanpa socmed 😀

  • ponco adi nugroho 2 years ago Reply

    Nulis buat blog sering tapi nulis buat naskah pelit, ini keresahan yang sama bagi orang yang pengen jadi penulis kayaknya, termasuk aku :p

    Semoga dengan di adakannya 3 jam menulis ini bisa menjadikan Mbak Widya konsisten dalam menulis, dan nanti juga gara-gara program 3 jam menulis ini, nantinya gara-gara dipaksa akhirnya terbiasa dan malah jadi kebiasaan nyicil naskah setiap hari.

    Semangat Mbak, ditunggu karya nya 🙂

  • i Jeverson 2 years ago Reply

    melatih diri dalam untuk konsisten menulis bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya nulis 3 jam ini. tapi, ntah terlalu lama atau terlalu cepat, gue nggak tau deh..

  • Fahmi Rizal Fauzi 2 years ago Reply

    Itu nulis selama 3 jam,harus bener-bener nulis selama 3 full ya, gak boleh di cicil-cicil 1 jam pagi 1 jam siang dan 1 jamnya minggu depan lagi lanjutinnya. hehehe

    kalau gue nulis lama-lama kaya gitu tergantung mood dan ide yang lagi encer di otak gue aja. hehehe

    tapi ini program perlu dicoba juga buat melatih dan mengesah mental kita dalam menulis, memang terkadang untuk sebuah konsinten itu awalnya harus dipaksa terlebih dahulu. ya semoga aja dengan adanya paksaan menulis selama 3 jam. kita jadi terbiasa konsisten dalam menulis. good luck buat programnya mba. 🙂

  • Tok… tok… tok…
    Assalamualaikum…
    Dek widya ada? Semoga berkenan menerima kehadiran ane.. hehehe 😀 Maklum udah lama nggak mampir, dan semoga kita senantiasa diberikan kelapangan untuk senantiasa bersilaturrahmi… Aamiin.. 🙂

    Dari Abu Hurairah ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda:

    "Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturrahmi"

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

  • Meykke Santoso 2 years ago Reply

    NOTED cc!! InshaAlloh besok Jumat dan aku mau ikutan biar kosisten nulis jugaaa..hehhe…

  • Meykke Santoso 2 years ago Reply

    oh iya, itu kita lalu ngasih tulisan kita ke adminnya atau gimana ya cc widya..oh ya, aku mau tanya yang di bawah header itu ada yang icon postingan bisa bergerak itu gimana bikinnya?? jawab pas lagi komen di blog aku yaa..makasiiihhh 😀

  • Donaldmas Sepang 2 years ago Reply

    Nulis selama 3 jam…kegiatan yang positif tentunya untuk menambah motivasi jadi penulis.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iyaaaa ikutan jg bang. hehehehe

    Iya bang, semoga aja tulisan widya cepat kelar xD

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Wah.. makasih kak 😀 Jeli sekali kalo ada bagian kode yang kurang rapi di template ini.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya rizki. tapi ya dicoba bertahap aja dlu. kalo 3 jam belum sanggup. coba aja 1 jam dlu. perlahan namun pasti.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Sebenernya ga terbatas untuk nulisk karya fiksi juga. intinya, yaaa fokus nulis tulisan karyamu selama 3 jam aja. 🙂

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya dicoba dlu aja 1 jam siapa tau lama2 bisa konsisten.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Gak kok.. ga harus nulis tulisan fiksi. intinya mah nyelesein tulisan kita aja selama 3 jam.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya, menulis itu kan konsistensi makanya harus luangin waktu bukannya nyediain waktu sisa.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya pokoknya asalkan mau berusaha fokus pasti bisa kok.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya kak. yang penting mau dicoba dan berusaha aja. fokus dan konsistensi jadi modal utama kak.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Terlalu lama untuk pemula namun standard aja untuk yang sudah biasa menulis. fb an juga 3 jam dianggapnya sebentar kan ya xD

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Terserah ajasih enaknya gimana. kalo mau dicicil 1 jam juga gak apa-apa. ini kan bukan sebuah keharusan juga. semampunya aja, jangan menyiksa diri.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    wa'aaikumsalam..

    waaah monggo silahkan masuk.. icip-icip kue dan teh nya. terimakasih sudah berkunjung mas 🙂

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Ayoooooooo siiip mbak. Semangat 🙂

    Iya sama2 aku jawab nanti pas berkunjung ke blognya mbak. hehe

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya betul sekali mas. motivasi itu harus dicari dan dipertahankan dengan konsistensi.

  • hendri hendriyana 2 years ago Reply

    ini bisa untuk mengasah kemampuan kita dalam berkarya menulis ya mba, 3jam kayanya pas buat nulis artikel. tema nya bebas kan mba?trus gimana cara ngirim artikelnya.mohon pencerahan nya lagi 🙂

  • Dewi Elsawati 2 years ago Reply

    menyisih waktu 3 jam sehari buat nulis? kenapa tidak 😀

  • Mangs Aduls 2 years ago Reply

    Ingat, "Tanpa menulis tidak akan bisa jadi Penulis". Semangat!
    Ia sekali. Gimana mau jadi penulis kalo g nulis. hehehe
    semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Mangs Aduls 2 years ago Reply

    lanjutttttt

  • Mangs Aduls 2 years ago Reply

    kan di program biar bisa. 🙂

  • Aldi Rahman 2 years ago Reply

    sepertinya acaranya menarik, saya suka sekali cerita fiksi, menulis memang harus konsisten untuk menciptakan tulisan yang baik, tentunya juga harus banyak membaca 🙂

  • Ipah Kholipah 2 years ago Reply

    semangaaaaaaat 🙂

  • Mangs Aduls 2 years ago Reply

    kenapa ya sampai saat ini sayah masih mut-mutan nulis ya.

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya makasih kak 😀

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya banyak membaca juga menjadi modal utama dalam menulis 🙂

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    mungkin butuh tempat khusus untuk menulis. terus harus perkuat tekad juga 🙂

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Makasiiiiih 🙂

Leave a Reply